^^Selamat datang di peroja14.blogspot.com^^>>>>>>>>^^<<<<< Terima kasih atas kunjungan Anda di blog kami >>>>>>>> peroja14.blogspot.com >>

Proses Mental dalam Psikologi Kognitif

Posted by litelinfo on

Proses Mental dalam Psikologi Kognitif
Fokus utama dari para psikolog yang mengusung teori pembelajaran kognitif adalah proses mental yang mempengaruhi tingkah laku dari manusia. Proses mental yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Perhatian
Definisi perhatian menurut ilmu psikologi merupakan suatu keadaan kesadaran yang terfokuskan pada suatu perangkat dari informasi yang tersedia secara perseptual. Fungsi kunci dari perhatian adalah untuk mengidentifikasi data yang tidak relevan dan memfilter informasi tersebut. Dengan demikian maka data penting yang ada akan dapat diditribusikan kepada proses mental lainnya. Contohnya otak manusia dapat secara berkesinambungan menerima informasi suara, visual, rasa dan sentuhan.
Otak manusia dapat menangani hanya sedikit dari seperangkat informasi ini dan ini dapat tercapai melalui proses perhatian.

Perhatian cenderung mengacu pada informasi yang bersifat visual ataupun pendengaran. Satu titik focus utama yang berkaitan dengan perhatian di dalam bisang psikologi kognitif adalah konsep dari perhatian yang terbagi. Sejumlah penelitian terdahulu yang mempelajari tentang kemampuan seseorang yang mengenakan headphones untuk memahami pembicaraan yang bermakna pada saat dihadapkan dengan pesan yang diterima dari telinga yang lain. Hal ini dikenal dengan pendengaran dikostik.
Hal utama yang ditemukan melalui penelitian ini melibatkan pemahaman yang lebih dalam akan kemampuan pikiran untuk memberikan fokus kepada satu pesan dan pada saat yang sama juga tetap memiliki kesadaran akan informasi yang diterima dari telinga yang tidak diberikan perhatian secara sadar.

Contoh dalam eksperimen ini adalah misalnya para peserta yang diberikan headphone akan diberitahu bahwa mereka akan mendengarkan dua informasi yang berbeda di masing masing telinga. Kemudian, mereka hanya diharapkan untuk memberikan perhatian mengenai informasi yang terkait dengan bola basket. Pada saat eksperimen dimulai, pesan tentang bola basket akan diperdengerkan melalui telinga kiri dan pesan lainnya akan diperdengerkan melalui telinga kanan.

Setelah beberapa waktu, informasi terkait bola basket akan dipindahkan ke telinga kanan dan informasi lain yang tidak relevan akan diperdengarkan di telinga sebelah kiri. Pada saat ini terjadi, para peserta umumnya mampu untuk mengulangi seluruh pesan pada saat eksperimen berakhir terlepas dari saat mereka mendengarkan pesan tersebut. Kemampuan untuk memberikan perhatian kepada satu pembicaraan pada saat banyak pembicaraan berlangsung dikenal dengan “cocktail party effect”.

2. Ingatan
Seara umum ada 2 macam ingatan yaitu ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Para psikolog dalam bidang psikologi kognitif lebih sering memperlajari ingatan jangka pendek.
a. Ingatan jangka pendek
Ingatan ini dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengingat informasi pada saat dihadapkan dengan gangguan. Kapasitas ingatan secara umum dikenal sebagai 7 kurang atau lebih 2 adalah merupakan kombinasi dari ingatan jangka pendek dan ingatan jangka pnjang.
Dalam salah satu eksperimen klasik yng dilakukan oleh Ebbinghaus, ditemukan bahwa informasi dari awal dan akhir dari daftar sejumlah kata yang disusun secara acak lebih sering diingat dibandingkan dengan kata yang berada di tengah. Hal ini dikenal sebagai “serial position effect”. Ini merupakan kurva yang berbentuk U dan dapat diganggu dengan kata kata yang menraih perhatian, umumnya dikenal dengan “Von Restorff Effect”.
Banyak model dari ingatan jangka pendek yang telah dibuat. Salah satu model yang paling terkenal adalah model yang dibuat oleh Baddeley dan Hitch. Model ini memberikan pertimbangan terhadap stimulus visual dan pendengaran. Ingatan jangka panjang digunakan sebagai suatu referensi dan merupakan pusat pemrosesan untuk menggabungkan dan memahami semuanya.

b. Ingatan jangka panjang
Konsep modern dari ingatan secara umum biasanya adalah tentang ingatan jangka panjang yang terbagi dalam 3 sub kategori, yaitu:
Ingatan Procedural
Ingatan yang diperoleh sebagai hasil dari melakukan tindakan tertentu. Hal ini seringkali diaktifkan oleh suatu level kesadaran yang rendah atau membutuhkan tingkat kesadaran yang minimal. Ingatan procedural meliputi inforasi yang bersifat stimulus dan ransangan yang diaktifkan melalui asosiasi dengan tugas dan aktivitas rutin tertentu. Seseorang biasanya menggunakan pengetahuan procedural pada saat mereka secara otomatis memberikan tanggapan terhadap situasi atau proses tertentu.

3. Persepsi
Pembentukan persepsi melibatkan indera fisik seperti indera pengelihatan, indera penciuman, indera penciuman dan indera perasa serta proses kognitif. Proses kognitif digunakan untuk mengintepretasikan rangsangan yang diterima oleh seluruh indera tersebut.
Pada dasarnya, manusia memahami lingkungan sekeliling mereka melalui intepretasi dari stimulus yang diterima. Para psikolog terdahulu seperti Edward B. Tichener mulai bekerja dengan persepsi dalam pendekatan mereka yang bersifat strukturalis terhadap ilmu psikologi.
Dewasa ini, perspektif akan persepsi dalam psikologi kognitif cenderung berfokus kepada cara tertentu di mana pikiran manusia mengintepretasikan stimulus yang diterima oleh indera dan bagaimanakah intepretasi tersebut mempengaruhi perilaku.

4. Bahasa
Para psikolog telah sejak lama memiliki minat terhadap proses kognitif yang melibatkan bahasa. Tepatnya adalah sejak tahun 1870an pada saat Carl Wenicke mengajukan sebuah model untuk proses mental dari bahasa.
Karya tentang bahasa yang lebih kini bervariasi dengan luas. Para psikolog kognitif mempelajari akuisisi bahasa, pembentukan komponen individual dari bahasa seperti phonem, bagaimana penggunaan bahasa terlibat dalam mood serta berbagai bidang lainnya yang terkait.

Karya yang signifikan yang terbaru berkaitan dengan akuisisi bahasa dan bagaimanakah itu digunakan untuk menentukan apakah seorang anak memiliki atau beresiko memiliki gangguan dalam belajar

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

    Popular Posts

Postingan Populer

Postingan Populer

Cara Kilat Breadcrumb Terindeks Google

Cara Kilat Breadcrumb Terindeks Google  - Kali ini kita akan membahas cara membuat breadcrumnb segera terindeks google, bahkan blog tak b...

Followers

back to top