Proses Mental dalam Psikologi Kognitif
Posted by litelinfo
on
Proses Mental
dalam Psikologi Kognitif
Fokus utama dari para
psikolog yang mengusung teori pembelajaran kognitif adalah proses mental yang
mempengaruhi tingkah laku dari manusia. Proses mental yang dimaksud adalah
sebagai berikut:
1. Perhatian
Definisi perhatian menurut
ilmu psikologi merupakan suatu keadaan kesadaran yang terfokuskan pada suatu
perangkat dari informasi yang tersedia secara perseptual. Fungsi kunci dari
perhatian adalah untuk mengidentifikasi data yang tidak relevan dan memfilter
informasi tersebut. Dengan demikian maka data penting yang ada akan dapat
diditribusikan kepada proses mental lainnya. Contohnya otak manusia dapat
secara berkesinambungan menerima informasi suara, visual, rasa dan sentuhan.
Otak manusia dapat menangani
hanya sedikit dari seperangkat informasi ini dan ini dapat tercapai melalui
proses perhatian.
Perhatian cenderung mengacu
pada informasi yang bersifat visual ataupun pendengaran. Satu titik focus utama
yang berkaitan dengan perhatian di dalam bisang psikologi kognitif adalah
konsep dari perhatian yang terbagi. Sejumlah penelitian terdahulu yang mempelajari
tentang kemampuan seseorang yang mengenakan headphones untuk memahami
pembicaraan yang bermakna pada saat dihadapkan dengan pesan yang diterima dari
telinga yang lain. Hal ini dikenal dengan pendengaran dikostik.
Hal utama yang ditemukan
melalui penelitian ini melibatkan pemahaman yang lebih dalam akan kemampuan
pikiran untuk memberikan fokus kepada satu pesan dan pada saat yang sama juga
tetap memiliki kesadaran akan informasi yang diterima dari telinga yang tidak
diberikan perhatian secara sadar.
Contoh dalam eksperimen ini
adalah misalnya para peserta yang diberikan headphone akan diberitahu bahwa
mereka akan mendengarkan dua informasi yang berbeda di masing masing telinga.
Kemudian, mereka hanya diharapkan untuk memberikan perhatian mengenai informasi
yang terkait dengan bola basket. Pada saat eksperimen dimulai, pesan tentang
bola basket akan diperdengerkan melalui telinga kiri dan pesan lainnya akan
diperdengerkan melalui telinga kanan.
Setelah beberapa waktu,
informasi terkait bola basket akan dipindahkan ke telinga kanan dan informasi
lain yang tidak relevan akan diperdengarkan di telinga sebelah kiri. Pada saat
ini terjadi, para peserta umumnya mampu untuk mengulangi seluruh pesan pada
saat eksperimen berakhir terlepas dari saat mereka mendengarkan pesan tersebut.
Kemampuan untuk memberikan perhatian kepada satu pembicaraan pada saat banyak
pembicaraan berlangsung dikenal dengan “cocktail party effect”.
2. Ingatan
Seara umum ada 2 macam
ingatan yaitu ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Para psikolog
dalam bidang psikologi kognitif lebih sering memperlajari ingatan jangka
pendek.
a. Ingatan jangka pendek
Ingatan ini dapat
didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengingat informasi pada saat dihadapkan
dengan gangguan. Kapasitas ingatan secara umum dikenal sebagai 7 kurang atau
lebih 2 adalah merupakan kombinasi dari ingatan jangka pendek dan ingatan
jangka pnjang.
Dalam salah satu eksperimen
klasik yng dilakukan oleh Ebbinghaus, ditemukan bahwa informasi dari awal dan
akhir dari daftar sejumlah kata yang disusun secara acak lebih sering diingat
dibandingkan dengan kata yang berada di tengah. Hal ini dikenal sebagai “serial position
effect”. Ini merupakan kurva yang berbentuk U dan dapat diganggu
dengan kata kata yang menraih perhatian, umumnya dikenal dengan “Von Restorff Effect”.
Banyak model dari ingatan
jangka pendek yang telah dibuat. Salah satu model yang paling terkenal adalah
model yang dibuat oleh Baddeley dan Hitch. Model ini memberikan pertimbangan
terhadap stimulus visual dan pendengaran. Ingatan jangka panjang digunakan
sebagai suatu referensi dan merupakan pusat pemrosesan untuk menggabungkan dan
memahami semuanya.
b. Ingatan jangka panjang
Konsep modern dari ingatan
secara umum biasanya adalah tentang ingatan jangka panjang yang terbagi dalam 3
sub kategori, yaitu:
Ingatan Procedural
Ingatan yang diperoleh
sebagai hasil dari melakukan tindakan tertentu. Hal ini seringkali diaktifkan
oleh suatu level kesadaran yang rendah atau membutuhkan tingkat kesadaran yang
minimal. Ingatan procedural meliputi inforasi yang bersifat stimulus dan
ransangan yang diaktifkan melalui asosiasi dengan tugas dan aktivitas rutin
tertentu. Seseorang biasanya menggunakan pengetahuan procedural pada saat
mereka secara otomatis memberikan tanggapan terhadap situasi atau proses
tertentu.
3. Persepsi
Pembentukan persepsi
melibatkan indera fisik seperti indera pengelihatan, indera penciuman, indera
penciuman dan indera perasa serta proses kognitif. Proses kognitif digunakan
untuk mengintepretasikan rangsangan yang diterima oleh seluruh indera tersebut.
Pada dasarnya, manusia
memahami lingkungan sekeliling mereka melalui intepretasi dari stimulus yang
diterima. Para psikolog terdahulu seperti Edward B. Tichener mulai bekerja
dengan persepsi dalam pendekatan mereka yang bersifat strukturalis terhadap
ilmu psikologi.
Dewasa ini, perspektif akan
persepsi dalam psikologi kognitif cenderung berfokus kepada cara tertentu di
mana pikiran manusia mengintepretasikan stimulus yang diterima oleh indera dan
bagaimanakah intepretasi tersebut mempengaruhi perilaku.
4. Bahasa
Para psikolog telah sejak
lama memiliki minat terhadap proses kognitif yang melibatkan bahasa. Tepatnya
adalah sejak tahun 1870an pada saat Carl Wenicke mengajukan sebuah model untuk
proses mental dari bahasa.
Karya tentang bahasa yang
lebih kini bervariasi dengan luas. Para psikolog kognitif mempelajari akuisisi
bahasa, pembentukan komponen individual dari bahasa seperti phonem, bagaimana
penggunaan bahasa terlibat dalam mood serta berbagai bidang lainnya yang terkait.
Karya yang signifikan yang
terbaru berkaitan dengan akuisisi bahasa dan bagaimanakah itu digunakan untuk
menentukan apakah seorang anak memiliki atau beresiko memiliki gangguan dalam
belajar
Tagged as: Teori Belajar
About the Author
Write admin description here..
Get Updates
Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.
Share This Post
Related posts